Kesan dalam Kunjungan Bapak Menteri Keuangan Agus Martowardojo ke Canberra

By: Sari – Canberra

Low profile. Begitulah kesan pertama saya ketika bertemu dengan Bapak Agus Martowardojo, Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam kunjungan dinasnya ke Canberra, Australia beberapa waktu silam. Di sela-sela acaranya yang padat, beliau menyempatkan diri untuk menemui ‘anak-anaknya’, para pegawai Kementerian Keuangan RI yang sedang studi di Canberra. Bukan hanya basa-basi singkat, namun dialog penuh keakraban dalam satu meja.

Mengingat latar belakangnya sebagai mantan Direktur Utama Bank Mandiri, saya pun memberanikan diri untuk menanyakan perbedaan pekerjaan yang dirasakannya setelah menjadi Menteri Keuangan di lingkungan birokrasi. Dengan jujur beliau mengatakan bahwa perbaikan sistem di kementerian ini masih sangat diperlukan, termasuk penilaian kinerja pegawai. Walaupun butuh waktu, namun beliau sangat optimis bahwa hal itu bisa dilakukan.

Selain rasa optimisnya yang tinggi, pernyataan beliau yang paling membekas di hati saya adalah harapannya agar seluruh unit organisasi di bawah Kementerian Keuangan berkolaborasi dan bekerja satu visi untuk Kementerian Keuangan. Beliau menyadari bahwa pengkotak-kotakan diri di Kementerian Keuangan masih terasa dan menghambat unit-unit tersebut untuk bersinergi dan bekerja secara maksimal. Mungkin tidak banyak pegawai Kementerian Keuangan yang menyadari pentingnya hal ini. Dalam lingkup yang kecil, saya telah merasakan indahnya menjadi satu di bawah Kementerian Keuangan ketika bergabung di dalam Mofilink di Canberra. Saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dalam kebersamaan dan kekeluargaan, tanpa memandang unit organisasi. Dengan visi yang sama untuk ‘Menjadi Pengelola Keuangan dan Kekayaan Negara yang Dipercaya dan Akuntabel untuk Mewujudkan Indonesia yang Sejahtera, Demokratis, dan Berkeadilan’ ditambah dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan (integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan), saya pikir bukan tak mungkin harapan beliau menjadi kenyataan di Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Tak terasa sudah lewat tengah malam. Beliau pun menyudahi percakapan dan menyempatkan diri untukberfoto bersama. Betapa pengalaman yang sungguh berharga, berbincang akrab dengan orang nomor satu di Kementerian Keuangan.

About adibudiarso

Researcher for Transforming the public sector institutions.
Gallery | This entry was posted in Mofilink's and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s